BERITA LAPAS
Implementasikan Program “Si PEMUDA” Lapas Sidoarjo Lakukan Blusukan

Implementasikan Program “Si PEMUDA” Lapas Sidoarjo Lakukan Blusukan

Bagikan Berita Ini

Implementasikan Program Si PEMUDA, Lapas Sidoarjo Lakukan Blusukan ke Desa.

SIDOARJO – Pernah mendengar jajaran Lapas blusukan? Pagi ini (19/5), jajaran Lapas Sidoarjo melaksanakn blusukan ke desa Magersari untuk bertemu dengan keluarga para WBP.

Program baru ini dinamai “Si PEMUDA”, yakni Inovasi Pemasyarakatan Masuk Desa. Program inovasi Lapas Sidoarjo ini bertujuan untuk menyuguhkan kecepatan, kemudahan, dan kepastian layanan Pemasyarakatan dalam pengurusan hak integrasi dan asimilasi, serta video call secara langsung ditengah masyarakat.Program ini berangkat dari amanat Nawacita sebagaimana menjadi program utama pemerintah, yakni menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat. Lapas Kelas IIA Sidoarjo sebagai delegasi negara berusaha hadir ditengah masyarakat, memastikan agar pelayanan publik terlaksana dengan mudah, cepat, dan nyaman, program ini diselenggarakan melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah, kepolisian sektor, dan komando rayon militer.

Pada 2020, tercatat data pelayanan asimilasi sejumlah 290 orang, dengan data 229 orang (sekitar 79%) merupakan pengguna layanan diluar kota Sidoarjo. Tentunya kondisi ini menyebabkan pengurusan administrasi yang lamban, tidak efektif dan efisien. Selanjutnya, menyinggung kembali isu publik tentang pertentangan terhadap kebijakan asimilasi dengan asumsi menyebabkan tingginya angka kriminalitas di masa pandemi Covid-19, Lapas Kelas IIA Sidoarjo berupaya memberikan pendekatan, sosialisasi, dan pemahaman kepada masyarakat mengenai data statistik asimilasi secara nasional, presentase pengulangan tindak pidana, serta persyaratan yang diatur dalam Permenkumham No. 32/2020 kepada masyarakat melalui program Si PEMUDA.

Si PEMUDA ke-I dilaksanakan di Kelurahan Magersari pada Rabu, 19 Mei 2021. Dengan jumlah undangan sebanyak 10 keluarga WBP sebagai penjamin. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Kalapas, Plt. Lurah Magersari, Perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek Kota, dan Perwakilan Babinsa Koramil 0816. Pada sambutannya. Bambang Prasetyo selaku Plt. Lurah Magersari menyampaikan ucapan terima kasih pada jajaran Lapas Sidoarjo atas ide inovatifnya yang memudahkan upaya pengawasan dan pembinaan terhadap keluarga WBP yang berada dalam tanggungjawab wilayahnya. Sejalan dengan yang disampaikan Bambang, Aipda Huda selaku perwakilan Polsek juga menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang baru ini. Pihaknya akan membantu pemantauan dan pengawasan apabila nanti WBP telah mendapatkan bebas bersyarat sebagaimana menjadi hak bersyarat WBP.
Teguh Pamuji juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan pihak Kelurahan Magersari dalam mendukung dan mensukseskan program baru ini. Pihak Lapas berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik, serta mencegah terjadinya. Program Si PEMUDA ini mengajak jajaran Lapas untuk turun dan terjun langsung ke desa demi menyuguhkan kecepatan, kemudahan, dan kepastian layanan Pemasyarakatan.

Pada akhir kegiatan, keluarga WBP diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk sharing, bertanya, dan diskusi terkait pelayanan Pemasyarakatan. Keluarga WBP memanfaatkan kesempatan tersebut. Kemudian, acara diakhiri dengan penandatanganan formulir jaminan dengan cepat, mudah, dan pasti. Tentunya hal ini telah memangkas birokrasi yang mulanya proses ini perlu dilakukan berulang sampai 3 (tiga) kali. Sambil menunggu giliran, mereka diberi kesempatan untuk video call dengan WBP-nya. Hal ini membuat keluarga WBP sangat senang dan mengapresiasi program ini. Harapannya, agar program ini dapat berjalan dengan berkelanjutan.

“Harapan kami, mereka (keluarga WBP) merasakan kehadiran kami. Mengetahui bahwa kami terjun ke lapangan untuk merangkul, memberikan motivasi, dan mengayomi mereka.” tutup Teguh Pamuji (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *